Tentang


Apa sih A11yID?


A11yID (baca: Aliaidi) adalah grup komunitas yang memiliki ketertarikan terhadap topik aksesibilitas digital (digital accessibility).

Grup ini diperuntukan utamanya bagi mereka yang terlibat dalam pembuatan produk digital, seperti developer, desainer, UX desainer/researcher, UI desainer, product manager, dosen, dll. Diskusi dilakukan secara online, baik melalui percakapan grup telegram, maupun sharing rutin setiap bulan.

Aksesibilitas digital tidak hanya penting agar website, aplikasi, maupun konten bisa #ramahdisabilitas, namun juga berguna bagi semua orang dan meningkatnya performa dari produk tersebut.

A11yID merupakan komunitas yang diinisiasi dan dimoderasi oleh tim Suarise.

Bagaimana kita bergerak bersama?

Program Rutin

Diskusi & Sharing Bulanan

Setiap hari Sabtu pekan ke-tiga setiap bulan, A11yID akan mengadakan diskusi dan atau sesi berbagi seputar beragam kajian aksesibilitas digital. Diskusi berlangsung secara virtual, dua arah, dan ditayangkan ulang di kanal Youtube SuariseID sehingga bisa menjadi acuan bagi berbagai pihak di Indonesia.

Topik Tematik

Dengan baru dikenalnya isu terkait aksesibilitas digital di kalangan praktisi, maka diskusi dibuat dengan topik tematis dan praktis. Harapannya, setiap peserta diskusi langsung bisa mengimplementasikan baik teknis maupun rekomendasi langsung dalam keseharian praktik profesional masing-masing.

Menghadirkan Difabel

Jika dibutuhkan, diskusi bulanan akan mengundang difabel dari berbagai kalangan sesuai dengan topik yang dibahas. Diharapkan dengan hadirnya difabel, pelaku teknologi dapat mendengar dan berinteraksi langsung untuk mendapatkan insight yang relevan.

Recap sharing terakhir

Sharing bulanan A11yID bisa diikuti oleh semua anggota komunitas. Kami berkomitmen untuk membagi ilmu ini dengan semua pelaku pengembang produk digital, sehingga semua pihak dapat berkontribusi dan implementasi aksesibilitas. Demi digital platform di Indonesia semakin #BisaDiAkses bagi lebih dari 10 juta difabel di Indonesia.

Sharing session mengenai aksesibilitas di A11yID menggunakan pola 3E: EFFECT, EXPERIENCE, dan EXPERIMENT.

 

Aksesibilitas Modal, Dialog, & Pop Up

Diskusi ini dibawakan oleh Rahmaut, konsultan aksesibilitas di Suarise, membahas bagaimana behaviour dan membuat komponen modal dialog dan pop up sehingga bisa di akses teknologi asistif.

Service Design & Aksesibilitas Layanan Perbankan

Sharing session bersama Anin dari SomiaCX dan Suarise membahas bagaimana pelayanan perbankan dibuat inklusif dari berbagai aspek, baik offline maupun online.

A Must-Have WAI Aria in Your Website

Pengenalan Accessible Rich Internet Applications (ARIA) oleh Yudhi Satrio. Kapan dan mulai dari mana mengimplementasikan kodenya dalam website? Simak videonya.