Hari Disabilitas Internasional 2020

3 Desember 2020

Tanggal 3 Desember diperingati sebagai hari peringatan hari disabilitas internasional. Di peringatan ini, Suarise menyelenggarakan 2 program sebagai bentuk perayaan sekaligus menyebarkan bagaimana membuat iklim inklusif di dunia digital melalui lapangan pekerjaan dan digital asset yang ramah difable. Tak hanya itu, dalam kesempatan ini, Suarise berkolaborasi dengan berbagai pihak Internasional, yaitu AtAmerica dan ASOS dari Inggris. Untuk menikmati bahasan dan diskusinya, simak di video di bawah ini.

Rangkaian Acara

Sesi Pagi

Inclusivity@work: Recruit Your First Blind Employee Worry-Free

Tahukah kamu bahwa perusahaan Indonesia masih jarang mempekerjakan penyandang disabilitas?  Acara ini bertujuan untuk memberikan perspektif baru dalam bekerja dengan penyandang disabilitas, khususnya tunanetra dan low vision, dan membangun percakapan yang inklusif. Diskusi yang dibangun akan fokus mengulas seberapa besar potensi peluang kerja bagi Visual Impaired People (VIP – tunanetra dan low vision), masalah apa yang kerap dihadapi saat bekerja bersama VIP, serta bagaimana menghilangkan kekhawatiran memiliki pegawai VIP.

Diskusi di Hari Disabilitas Internasional ini akan diulas oleh para panelis dari kalangan pengusaha, dan project manajer yang terlibat secara aktif karena bekerja sama dengan VIP sehari-hari. Tak ketinggalan, diskusi ini juga mengundang penyandang disabilitas (PwD) khususnya VIP yang telah bekerja secara profesional di sebuah perusahaan berbasis digital marketing. Sejumlah panelis yang akan berdiskusi antara lain:

Tersedia JBI (Juru Bahasa Isyarat) selama diskusi berlangsung.

Sesi Siang

Kick Off Accessibility in E-Commerce - A11yID Sharing Session #7

Tzveta Dinova, Accessibility Specialist dari e-commerce ASOS yang berasal dari Inggris berbagi tentang bagaimana merancang dan mengimplementasikan transformasi dari dalam organisasi untuk mewujudkan website dan aplikasi yang #BisaDiAkses dan ramah disabilitas. Sebelumnya, ASOS belum pernah melakukan upaya khusus untuk membuat platformnya aksesibel, dan tidak memiliki tim dengan kompetensi aksesibilitas sama sekali, dan hampir tidak tahu mulai dari mana.

Pada sesi A11yID sharing special edisi Hari Disabilitas Internasional ini, kita akan mendengarkan apa yang dia mulai, bagaimana meyakinkan departemen dan decision maker, apa saja upayanya untuk mengkoordinasikan aksesibilitas antar departemen di ASOS beserta tantangannya, dll. Sesi ini cocok banget tidak hanya bagi developer, desainer, product owner, engineer, dll, tapi bagi yang ingin membuat/menegosiasi perusahaan atau organisasinya agar website/app-nya lebih ramah difabel secara sistemik.

Diskusi ini terbuka bagi semua orang, baik dari latar belakang desain, UX/UI Desainer, developer, dosen/researcher, product manager, maupun masyarakat umum.

Sesi akan dimoderasi oleh founder @SuariseID, Rahmaut, dan akan dibawakan dengan Bahasa Inggris.

Dukung kami yuk!

Dukung kami dengan donasi melalui akun Saweria kami. Jika ingin melaksanakan program bersama dengan suarise, silakan kirimkan email dengan menghubungi iin.kurniati@suarise.com. Salam Inklusif!

Bekerja sama dengan:

Logo DNetwork
Logo At America
Logo Think Web
logo digiHR

Galeri

Ikuti sosial media @SuariseID