Indonesia Global Accessibility Awareness Day

Kamis, 21 Mei 2020

Global Accessibility Awareness Day (GAAD) adalah gerakan serentak di seluruh dunia yang dilaksanakan setiap Kamis ketiga di bulan Mei. Tahun ini, GAAD akan jatuh pada tanggal 20 Mei 2021.

Selain itu, merayakan genap satu tahun komunitas a11yID berdiri, Suarise, selaku penyelenggara inisiatif GAAD di Indonesia akan menyelenggarakan serangkaian kegiatan secara daring, untuk pengenalan seputar aksesibilitas di Indonesia dengan melibatkan beragam pembicara.

Rangkaian Acara

Tidak mudah mentransformasi organisasi dan produk yang sudah besar dari yang tidak mempertimbangkan aksesibilitas bagi disabilitas sejak awal. Tantangan ini juga dihadapi oleh Super-app Indonesia, Go-Jek. Bukan hanya coding, desain, proses, sistem, serta meyakinkan decision maker untuk melakukan transformasi ini mutlak dilakukan. Bagaimana meyakinkan organisasi sebesar Go-jek untuk betul-betul mengintegrasikan a11y dalam pembuatan dan pengembangan produk? Simak sharing prosesnya dari 5 (lima) Go-jek Accessibility Champion di A11yID spesial GAAD!

Sharing ini sangat spesial karena Suarise ikut terlibat dalam beberapa proses riset dari Go-Jek untuk melakukan implementasi aksesibilitas. Sharing akan diadakan melalui Zoom dan Youtube.

Keyboard testing adalah metode audit aksesbilitas digital khusus untuk website. Tes ini dilakukan setelah automatic testing dan sebelum pengetesan dengan menggunakan pembaca layar. Apa saja yang harus di tes? Bagaimana mengetahui kondisi aksesibilitas yang benar dengan menggunakan keyboard testing? Siapa saja yang mendapat manfaat dari tes ini? Kelebihan dan kekurangan metode ini? Akan dibahas di sharing ini.

Spesial GAAD (Global Accessibility Awareness Day) dan ulang tahun a11yID yang pertama, akan ada quiz yang berhadiah Buku A Monocle Guide: How to Make a Nation (Senilai 1,3 Juta Rupiah). Bagaimana caranya detailnya? Ikuti dulu sharing sessionnya ūüėČ

Ayo coba mengakses satu website dengan menggunakan keyboard saja, tanpa mouse dan touch screen, setiap hari Kamis. Kira-kira website tersebut cukup aksesibel gak ya?

Beberapa kondisi disabilitas hanya dapat menggunakan keyboard saja dalam mengakses suatu website. Jika dengan keyboard ada kendala, bisa jadi dengan screen reader juga terkendala. Kamis keyboard tidak perlu mengaktifkan screen reader.

Ayo berpartisipasi di #KamisKeyboard selama periode spesial 20 Mei-20 Juni untuk mendapatkan How to Make a Nation: A Monocle Guide, senilai Rp 1,3 juta.

Jelajahi tagar #BisaDiAkses di sosial media, khususnya instagram, dan temukan berbagai konten menarik yang bisa diakses oleh teman-teman difabel, khususnya tunanetra dan tunarungu!

Cara Berpartisipasi

Dapatkan Buku A Monocle Guide: How To Make A Nation senilai Rp 1.300.000 dengan berpartisipasi dalam gerakan #KamisKeyboard  selama periode 20 Mei Р20 Juni 2021. Simak detailnya di Webinar GAAD 2: A11yID 12 Accessibility Test Method: Keyboard Access Audit.

Tampak Depan buku How To Make a Nation: A monocle guide

Hadiah KamisKeyboard Spesial

Monocle Guide seharga Rp 1,3 juta

  • Siapapun boleh berpartisipasi selama periode yang berlangsung. Diluar periode tersebut tetap boleh berpartisipasi namun tidak akan dinilai untuk mendapat hadiah.

  • Review suatu website dengan menggunakan komputer dan keyboard saja, tanpa menggunakan mouse untuk mengetahui tingkat aksesibilitasnya. Standarisasi menggunakan WCAG hanya untuk poin keyboard accessibility saja.

    WCAG adalah standar internasional yang menjadi panduan dan acuan agar produk digital yang kamu bangun, baik itu website ataupun aplikasi, menjadi aksesibel. Penuhi sebisa mungkin agar mencapai kriteria AA.

    Untuk belajar beberapa teknis seputar pengembangan perangkat lunak yang bisa diakses, bisa dilihat di pranala berikut:

    1. Rekam layar saat berselancar di website tersebut dengan menggunakan keyboard
    2. Berikan komentar terkait isu aksesibilitas keyboard yang terjadi pada website tersebut baik dengan suara maupun caption
    3. Unggah videonya di sosial media Anda (boleh youtube/twitter/facebook/instagram), mention @suariseID, dan sertakan tagar #KamisKeyboard

    Contoh review KamisKeyboard.

  • Review paling tepat dan paling informatif berdasarkan penilaian tim Suarise.

  • Pemenang akan diumumkan pada Sharing A11yID ke 13 (kurang lebih 26 Juni 2021)

  • Beberapa variabel yang diidentifikasi termasuk identifikasi visual. Dengan demikian yang memungkinkan bisa berpartisipasi adalah yang masih ada sedikit penglihatan atau low-vision. Namun, kami sangat mengundang untuk teman-teman netra agar ikut mengomentari partisipan yang menggunakan tagar #kamiskeyboard

  • Tidak boleh. Meski beberapa website lebih akses jika menggunakan metode ini, standarisasi audit harus menggunakan perangkat desktop/laptop.

  • Karena audit untuk 1-2 halaman website, maka durasi untuk videonya disarankan antara 3-10 menit.

Dukung Kami Yuk!

Dukung kami dengan donasi melalui akun Saweria kami. Jika ingin melaksanakan program bersama dengan suarise, silakan kirimkan email dengan menghubungi iin.kurniati@suarise.com. Salam Inklusif!

Dukung Kami

QRcode Suarise Saweria

Bagian Dari

GAAD Logo

Berkolaborasi dengan:

What’s next?

Gerakan digital aksesibilitas di Indonesia tidak akan berhenti di hari GAAD saja, melainkan terus dan berkelanjutan. Kami mengundang seluruh pihak, baik itu supporter maupun pelaku (creator) untuk lebih jauh berpartisipasi dalam lingkaran aksesibilitas digital.

Everyone

Untuk informasi lebih lanjut, silakan ikuti #TantanganAksesibilitas yang merupakan dedikasi khusus dari Suarise Indonesia untuk isu ini.

Creator

Jika kamu adalah seorang content writer, UX writer, developer, desainer, atau QA tester, yuk bergabung di komunitas digital aksesibilitas Indonesia di A11yiD!

Ikuti @SuariseID di sosial media