Terlihat Sama, Inilah Perbedaan Smart TV dan Android TV

foto ibu dan anak sedang menonton televisi

Terlihat Sama, Inilah Perbedaan Smart TV dan Android TV

6720 4480 suarise

Apakah kamu termasuk orang yang menganggap smart TV dan Android TV adalah perangkat yang sama? Tenang, kamu tidak sendirian kok, masih banyak orang yang belum mengetahui perbedaan smart TV dan Android TV.

Keduanya sekilas memang sulit dibedakan karena sama-sama merupakan perangkat televisi pintar yang dilengkapi berbagai fitur canggih. Hal inilah yang membuat banyak orang menjadi salah kaprah dan mengira keduanya adalah perangkat yang sama.

Smart TV dan Android TV adalah dua hal yang berbeda. Istilah smart TV lebih merujuk pada perangkat keras atau produknya, layaknya kita menyebut sebuah smartphone. Sedangkan Android TV merupakan system operasi yang digunakan pada sebuah smart TV. Jadi, smart TV belum tentu android TV, tetapi Android TV sudah pasti bagian dari smart TV. 

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai perbedaan smart TV dan Android TV, simak penjelasannya berikut ini ya, sobat!

gambar tangan seseorang memegang remote di depan televisi

Sekilas sama, ternyata Smart TV dan Android TV berbeda lho!

Smart TV

Seperti Namanya, smart TV merupakan TV pintar yang memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan TV biasa. Smart TV memiliki kemampuan untuk terkoneksi dengan internet melalui jaringan Wi-Fi, sehingga dapat digunakan untuk melakukan penelusuran di internet hingga menonton tayangan streaming seperti Youtube.

Biasanya, smart TV menggunakan sistem operasi bawaan yang berbeda antara merek satu dengan yang lainnya, dan belum tentu menggunakan sistem operasi Android. Hal inilah yang menjadi perbedaan smart TV dan android TV.

Android TV

Selama ini mungkin kita mengenal Android sebagai sistem operasi milik Google yang kerap digunakan pada perangkat smartphone. Namun, di luar itu, Google juga mengembangkan sistem operasi Android agar dapat digunakan pada perangkat televisi, lho. 

Layaknya sebuah smartphone, sistem operasi Android TV yang pertama kali diluncurkan oleh Google pada tahun 2014 ini juga memiliki berbagai versi, seperti Marshmallow, Nougat, dan seterusnya. Karena Android TV merupakan pengembangan dari sistem operasi Android yang sebelumnya digunakan pada perangkat smartphone, maka kamu juga bisa menikmati beberapa fitur canggih dari sebuah smartphone pada perangkat smart TV yang dilengkapi sistem operasi android TV.

Baca juga tulisan Reza Akbar (Ega) lainnya di sini

Penasaran apa saja kelebihan yang dimiliki Android TV? Nih, ketahui beberapa fitur unggulan dari Android TV berikut.

Google Play Store

Mirip seperti pada perangkat smartphone, penggunaan sistem operasi Android TV pada perangkat smart TV juga memungkinkan kamu untuk mengakses dan mengunduh berbagai layanan pada Google Play Store langsung dari TV kamu.

Jadi, kamu tetap bisa merasakan sensasi bermain game atau menjalankan aplikasi favorit yang selama ini kamu gunakan di smartphone, tetapi dengan layar yang jauh lebih luas. Asyik, kan?

Namun, tidak semua aplikasi di Android smartphone bisa di-install di Android TV ya. Ada beberapa aplikasi yang tidak bisa dijalankan. Tenang saja, sobat, beberapa aplikasi wajib seperti TV streaming, musik, dan beberapa game masih bisa kamu nikmati kok.

Google Voice Input dan Control

Dengan Android TV, kamu bisa menggunakan fitur Google Voice Input untuk menggunakan perintah suara melalui mic yang terdapat pada remote Android TV. Sebenarnya, beberapa smart TV non-Android juga sudah dilengkapi fitur sejenis. Namun, dengan pengalamannya, sepertinya Google Voice Input memiliki kemampuan yang lebih baik dalam mengolah perintah suara.

Tak hanya voice input, Android TV juga dapat berinteraksi dengan GamePad yang kompatibel dengan smartphone Android melalui koneksi Bluetooth atau kabel USB. Cocok banget nih buat kamu yang hobi nge-game.

Google Cast

Sedang menonton film di perangkat lain, tiba-tiba ingin berpindah ke layar TV yang lebih luas? Tenang, dengan fitur ini kamu bisa menampilkan hasil browsing atau video Youtube dari perangkat lain seperti laptop atau smartphone.

Bagaimana, sobat, sudah tidak bingung lagi kan? Dengan mengetahui perbedaan smart TV dan android TV, kamu bisa menentukan jenis TV apa yang sesuai kebutuhanmu. Jangan lupa share artikel ini ke teman atau keluarga kamu yang sedang bingung memilih TV, ya!

Ditulis oleh Moh. Reza Akbar Ardiansah, VIP Talent Suarise

 

Seluruh dunia harus tahu. Bagikan sekarang!

Leave a Reply