Indonesia Global Accessibility Awareness Day

Kamis, 21 Mei 2020

Global Accessibility Awareness Day (GAAD) adalah gerakan serentak di seluruh dunia yang dilaksanakan setiap Kamis ketiga di bulan Mei. Tahun ini, GAAD akan jatuh pada tanggal 21 Mei 2020, bertepatan dengan kenaikan Isa Almasih dan awal cuti bersama.

Oleh karena itu, kami, Suarise, selaku penyelenggara inisiatif GAAD di Indonesia akan menyelenggarakan serangkaian kegiatan dan konten online, untuk pengenalan seputar aksesibilitas di Indonesia.

Rangkaian Acara

Ngobrol-ngobrol dan diskusi seputar digital aksesibilitas dari berbagai disiplin. Dari mulai SEO, UX trend, sampai ke dampak bisnis. Pilih topik yang paling kamu ingin simak!

Kuasai bidang aksesibilitas digital sesuai kapasitas diri masing-masing dengan resource yang disediakan oleh Suarise dan #TantanganAksesibilitas.

Bagaimana sih kondisi digital aksesibilitas di Indonesia? Suarise mengadakan Survey Aksesibilitas Digital di Indonesia yang menjangkau ratusan responden tunanetra dari seluruh penjuru nusantara. Simak insight riset ini di sini.

Bagaimana tunanetra dapat menggunakan dan berinteraksi dengan desktop website dan aplikasi seluler di handphone? Apa kendala utama saat mengaksesnya? Saksikan bagaimana tunanetra melakukan review langsung terhadap website dan aplikasi yang masyarakat Indonesia gunakan sehari-hari!

Jelajahi tagar #BisaDiAkses di sosial media, khususnya instagram, dan temukan berbagai konten menarik yang bisa diakses oleh teman-teman difabel, khususnya tunanetra dan tunarungu!

Cara Berpartisipasi

Setiap orang bisa berpartisipasi dalam gerakan aksesibilitas digital. Jika kamu menjawab yes untuk setidaknya satu pertanyaan di bawah ini, artinya, kamu bisa ikut kontribusi. Untuk mengetahui lebih jauh cara berkontribusi sesuai kapasitas kamu, klik langsung di tiap pertanyaan yang kamu jawab ‘Yes’ ya.

  • Sosial media juga bisa diakses oleh teman-teman difabel, termasuk tunanetra, tunarungu, dan low vision. Cara paling umum adalah:

    • Menambahkan ALT teks ke gambar yang di unggah di konten sosial media kamu
    • Menambahkan video caption, boleh open caption ataupun closed caption ke konten video yang kamu unggah di berbagai sosial media

    Cara menambahkan ALT teks di sosial media bisa di cek di link berikut: Instagram, Facebook, Twitter.

  • WCAG adalah standar internasional yang menjadi panduan dan acuan agar produk digital yang kamu bangun, baik itu website ataupun aplikasi, menjadi aksesibel. Penuhi sebisa mungkin agar mencapai kriteria AA.

    Untuk belajar beberapa teknis seputar pengembangan perangkat lunak yang bisa diakses, bisa dilihat di pranala berikut:

  • Dokumen, baik untuk kebutuhan internal perusahaan maupun publikasi eksternal perusahaan baiknya dibuat dengan kaidah aksesibilitas. Meskipun perusahaan merasa tidak mempekerjakan atau memilki konsumen dengan kondisi tersebut, bisa jadi:

    • Pegawai Anda ada yang memiliki kondisi buta warna
    • Pembaca publikasi Anda ada yang buta warna, tunanetra, dan tunarungu

    Banyak sekali sumber di luar sana terkait pembuatan dokumen yang mudah diakses. Jika ingin mengadakan pelatihan internal untuk perusahaan, boleh menghubungi tim Suarise juga.

  • Desainer juga merupakan creator yang sangat penting demi terwujudnya aksesibilitas di berbagai implementasi digital, dari mulai pemilihan warna, tipografi, icon, dll.

  • Anda sangat berperan agar penerapan kebijakan aksesibilitas digital berlangsung di perusahaan, organisasi, maupun bisnis Anda di berbagai departemen. Anda bisa membuat himbauan dan menetapkan regulasi agar publikasi online dan dokumen dari perusahaan Anda dibuat agar aksesibel.

    Jika bingung mulai dari mana, silakan kontak tim Suarise agar membantu penerapan aksesibilitas perusahaan Anda menjadi lebih sistematis.

    Dan jika Anda telah menerapkan komitmen ini, Anda boleh menghubungi kami agar kami bisa menyebarkan berita baik ini ke komunitas-komunitas difabel di sekitar kami!

  • Jangan henti mengingatkan content creator yang kamu temukan di sosial media agar konten mereka semakin mudah di akses.

    Suarise juga menginisasi dan melakukan pendekatan ke berbagai content creator di sosial media untuk membuat konten mereka lebih aksesibel dan menambahkan tagar #BisaDiAkses agar teman-teman difabel semakin mudah menemukan konten yang bermutu yang ramah difabel.

    Yuk bersama menjaga dan mempormosikan tagar #BisaDiAkses agar senantiasa digunakan secara relevan.

  • Cobalah memulai kebiasaan, sehari dalam sebulan menjadi pengguna dengan kondisi difabel. Caranya:

    • Navigasikan website di komputer tanpa menggunakan mouse sama sekali dan hanya menggunakan keyboard saja. Hanya gunakan tombol ‘Tab’, kursor atas-bawah-kiri-kanan, dan tombol enter/space untuk eksekusi.
    • Pasang video atau film apapun, dengan volume 0, dab aktifkan caption bila ada. Apakah kamu masih bisa menikmati video tersebut?
    • Aktifkan screen reader di device kamu. Untuk Mac & iOS bisa mengaktifkan Screen Reader, Android dengan Talkback atau Voice Assistant di Samsung, dan desktop dengan menginstall NVDA (gratis). Kalau bisa, layarnya juga dibuat hitam atau jangan sambil di lihat ya šŸ˜‰

    Jangan lupa share dan mention @suariseID & @tantanganAksesibilitas tentang pengalaman ini!

  • Siapapun bisa menjadi supporter penerapan digital aksesibilitas di Indonesia. Kamu bisa mereferensikan halaman dan ataupun komunitas maupun sosial media yang ada di halaman ini ke orang-orang di sekitarmu.

Part of

Gaad Logo

In collaboration with:

Giza Design Lab logo
BLU Wave Logo

What’s next?

Gerakan digital aksesibilitas di Indonesia tidak akan berhenti di hari GAAD saja, melainkan terus dan berkelanjutan. Kami mengundang seluruh pihak, baik itu supporter maupun pelaku (creator) untuk lebih jauh berpartisipasi dalam lingkaran aksesibilitas digital.

Everyone

Untuk informasi lebih lanjut, silakan ikutiĀ #TantanganAksesibilitasĀ yang merupakan dedikasi khusus dari Suarise Indonesia untuk isu ini.

Creator

Jika kamu adalah seorang content writer, UX writer, developer, desainer, atau QA tester, yuk bergabung di komunitas digital aksesibilitas Indonesia di A11yiD!