Seputar Penyelenggaraan Pelatihan

Informasi terkait penyelenggaraan pelatihan bisa dilihat pada daftar pertanyaan dan jawaban di samping.

  • Digital Content Writing Suarise terbuka bagi tunanetra di Indonesia, baik yang mengalami kebutaan total maupun low vision.

  • Kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh calon peserta Suarise adalah:

    1. Memiliki kemampuan mengetik 10 jari,
    2. Terbiasa menggunakan Microsoft Office, seminimal-minimalnya Microsoft Word,
    3. Telah fasih dalam menggunakan internet dalam keseharian,
    4. Terbiasa menggunakan smartphone,
    5. Telah lulus SMA atau paket C.
  • Suarise membagi pelatihan Digital Content Writing menjadi 2 tahap utama:

    1. On Training
      Berlangsung selama 18 kali pertemuan, kombinasi online dan offline.
    2. On The Job Training
      Berlangsung minimal satu bulan, atau lebih dari satu bulan jika dibutuhkan. OJT hanya diikuti bagi yang mereka yang telah dinyatakan lulus fase pelatihan.

    Pelatihan dilakukan seminggu dua kali atau disesuaikan berdasarkan kesepakatan dan atau evaluasi bersama.  Hal ini bisa berubah sewaktu-waktu dengan melihat kebutuhan pelatihan.

  • Pelatihan Suarise dilaksanakan dalam format offline dan online. Pelatihan offline dilaksanakan di Yayasan Mitra Netra (Lebak Bulus, Jakarta) sedangkan pelatihan online akan dilaksanakan di lokasi tiap-tiap peserta bermodalkan laptop dan smartphone.

    Untuk pelatihan online, peserta akan diundang ke link platform distance learning yang bisa diakses dari mana saja. Peserta wajib memiliki akses ke internet dengan kuota yang mencukupi.

  • Suarise menerima 10 orang peserta dalam satu batch. Saat ini, kami hanya menampung dua batch dalam satu tahun.

  • Untuk mendaftar, calon peserta bisa mengontak tim Mitra Netra atau tim Suarise melalui menu contact. Tidak semua aplikasi pendaftar akan diterima karena keterbatasan kapasitas tim.

  • Modul Utama (Keahlian dasar)

    1. Digital Marketing Framework Fundamental
    2. Memahami jalan pikiran dan bahasa konsumen
    3. Sistem/flow kerja pembuatan konten

    Modul Vokasi (Digital Writing Skill)

    1. SEO Content Copywriting
      Teknik penulisan untuk untuk memenuhi kaidah search engine optimisation (SEO) sehingga tulisan yang dibuat muncul di mesin pencarian seperti Google dan mudah dibaca secara online.
    2. Short Online Copywriting
      Penulisan copywriting pendek berfokus pada: penulisan naskah iklan online seperti SEM (Search Engine Marketing) dan Social Media Advertising; dan pembuatan konten sosial media untuk objektif bisnis/storytelling.
  • Suarise memiliki in house trainer dengan latar belakang praktisi digital marketing yang sudah menjalani industri selama kurang lebih 9 tahun.

    1. Pendaftaran
    2. Interview
    3. Onboarding (e-learning preparation)
    4. Training
    5. Remedial (bagi yang memiliki kendala belajar)
    6. On The Job Training
    7. On Project
  • Saat ini Suarise hanya menerima 20 peserta pelatihan per-tahun karena keterbatasan sumber daya tim. Hal ini juga menjadi komitmen kami untuk memantau perkembangan tiap-tiap peserta dan memberikan feedback atas setiap proses kerja yang dilakukan untuk menunjang perkembangannya selama pelatihan berlangsung. Feedback akan diberikan baik dari segi aspek teknis dan non-teknis.

    1. Niat dan Tanggung Jawab
      Mereka yang telah menjadi peserta adalah yang dinyatakan lolos kriteria dan mewakili komunitas tunanetra lainnya. Adapun objektif dari berdirinya Suarise adalah memupuk kapasitas dan profesionalisme kerja yang baik, baik selama pelatihan maupun nantinya di saat bekerja. Jika orang tersebut tidak bertanggung jawab, buat apa diberikan kesempatan bekerja lebih tinggi?
    2. Waktu
      Program akan dijalankan dengan metode lecture, modul latihan, pekerjaan rumah, independent study, membaca referensi dan tugas akhir. Peserta harus mencatat dan mengejar standar waktu yang ditetapkan saat mengerjakan tugas-tugas yang ditentukan agar terbiasa dengan ritme pekerjaan industri. Tugasnya banyak, bener deh.
    3. Kuota Internet
      Karena pelatihan ini jelas memiliki fokus di industri online dan digital, maka keberadaan kuota yang mumpuni adalah kewajiban peserta. Kuota internet digunakan untuk korespondensi, mengirimkan tugas, mencari referensi, mengakses berbagai macam website, mengakses e-learning, mengakses youtube, dan lain-lain.
  • Suarise berdedikasi tidak hanya mengajarkan tapi memastikan talent kompeten untuk menghadapi tuntutan industri dan menghasilkan output setara atau bahkan lebih bagus dari mereka yang bisa melihat.

    Selain bidang ilmu penulisan konten digital, terdapat beberapa fasilitas yang akan didapatkan oleh para peserta pelatihan, diantaranya:

    1. Halaman blog personal di website talents.suarise.com
      Untuk Talent yang telah lulus, diisi karya tulisan sebagai bahan portfolio
    2. Progress Report
      Peserta pelatihan akan diwawancara untuk memantau potensi dan perkembangan selama pelatihan.
    3. Alokasi Talent ke Proyek
      Dengan tim Suarise yang memiliki latar belakang dan network luas di industri digital, tim Suarise akan membantu Talent yang berkualitas  baik untuk mendapatkan akses ke pekerjaan, baik itu sebagai pekerja lepas (freelancer) ataupun pegawai.
  • Yayasan Mitra Netra adalah partner eksklusif Suarise yang bekerja sama dalam menyediakan peserta yang telah memiliki kapasitas sesuai pra-syarat yang ditetapkan oleh Suarise. Lulusan Mitra Netra diutamakan dalam mengikuti pelatihan ini dibandingkan tunanetra yang mendaftarkan langsung.

Seputar Prospek Karir

Apa yang bisa dilakukan setelah menjalani pelatihan ini?

  • Di industri digital marketing, ada profesi yang berfokus pada kompetensi konten, di antaranya copywriter, content writer, sosial media admin, sosial media manager, content strategist, dan sosial media strategist. Pekerjaan ini umumnya dilakukan oleh digital agency, akan tetapi dengan kebutuhan industri yang cukup tinggi, profesi-profesi di atas kini tidak hanya disediakan oleh jasa konsultan (digital agency) tetapi juga di dalam kantor (in house) dan pekerja lepas.

  • Selain pelatihan mengenai kompetensi, akan dijabarkan juga mengenai alur kerja sehingga peserta bisa menjadi Talent yang kompeten tak hanya dalam keterampilan penulisan, tetapi juga selaku bagian dari tim. Talent dibentuk agar bisa bekerja secara remote (jarak jauh) dengan tim dan klien.

  • Konten adalah hal fundamental yang ada di setiap bentuk digital marketing yang diterapkan pada berbagai material promosi oleh  terkecuali perusahaan besar maupun perusahaan kecil seperti UKM (Usaha Kecil Menengah) dan start-up. Konten bisa berupa visual dan verbal. 

    Pada penggunaan mesin pencarian seperti Google, penerjemahan konten verbal yang baik sangat penting agar promosi produk atau layanan dapat muncul di halaman hasil pada saat konsumen melakukan pencarian menggunakan kata kunci (keyword) tertentu.

    Digital Content Writing sangat esensial bagi perkembangan bisnis di bidang apapun; industri ini pun terus bergerak seiring perkembangan media dan internet. Di era ini, penerapan ilmu yang berlandaskan kreativitas amatlah penting karena akan terus digunakan dan belum tergantikan oleh robot atau artifisial intelligence.

  • Tentu saja! Sebagai gambaran, satu artikel berkualitas baik dihargai pada kisaran Rp100.000-Rp500.000 (seratus hingga lima ratus ribu rupiah), tergantung pengalaman dan kompetensi dari penulis tersebut. 

  • Suarise memberikan pendampingan talent dalam kurun waktu terbatas (maksimal 2 tahun) pasca talent dinyatakan qualified dan selama menjalankan proyek di bawah naungan Suarise.

    Adapun setelah itu semua Talent diharapkan bisa bekerja secara mandiri dan mampu mengelola kapasitasnya masing-masing selaku digital content writer, baik sebagai freelancer maupun pegawai perusahaan.

    Adapun kerja sama lanjutan dengan pihak Suarise diatur terpisah dan akan berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak.

Untuk pertanyaan seputar servis Suarise bagi bisnis dan perusahaan Anda, silakan klik tombol berikut.