Seputar Jasa Pembuatan Digital Content Writing

Pertanyaan umum seputar bisnis, organisasi, ataupun perusahaan yang ingin menggunakan jasa Suarise dalam pembuatan konten digital untuk mempromosikan program, layanan, maupun produknya bisa di akses di tabel berikut.

  • Siapapun, baik perusahaan maupun perseorangan bisa mengunakan jasa Suarise. Bentuk perusahaan juga sudah skala besar, bisnis skala kecil seperti UKM (Usaha Kecil Menengah), perusahaan yang baru merintis seperti Start-Up, Social Enterprise, pemerintah, advertising agency (biro iklan) hingga NGO (Non-government organisation).

  • Untuk sementara ini, Anda bisa menghubungi melalui halaman kontak, atau email ke external relation manager kami untuk di-follow up. Tim Suarise akan memberikan follow up untuk mendapatkan cakupan kerja yang jelas sekaligus menggali kebutuhan Anda lebih detail dan mengatur perjanjian jika dibutuhkan.

    Kedepannya, website Suarise akan memiliki sistem tersendiri sehingga Anda bisa melakukan order dan melengkapi keperluan data sebelum di-follow up oleh tim kami.

  • Servis dari Suarise melingkupi segala aspek digital content writing, dimulai dari Content Strategy (baik untuk web maupun social media), pembuatan konten untuk sosial media, teks iklan di Google (Adwords) maupun di sosial media, serta pembuatan artikel ramah SEO. Singkatnya, Suarise juga berperan sebagai Digital Content Agency.

    Untuk ranah strategi, saat ini masih dipegang langsung oleh tim Suarise yang merupakan profesional di bidang Digital Marketing (bukan Talent  VIP). Sedangkan seluruh penulisan eksekusional akan dikerjakan oleh talent yang memenuhi kualifikasi.

    Jika pengerjaan dibutuhkan hingga level visual, Suarise juga memiliki partner desainer dan fotografer yang bisa dimasukan kedalam paket. Sementara untuk digital media placement (SEM, Facebook Ads, Instagram Ads) kami pun memiliki partner yang bisa kami sarankan tergantung dengan budget promosi Anda.

  • Talent Suarise adalah teman-teman tuna netra yang telah melalui serangkaian pelatihan (kurang lebih 18 kali) dan telah melewati masa penggemblengan lanjutan. Talent yang akan mengerjakan proyek Anda adalah talent yang telah dinyatakan lulus dari dua tahapan training Suarise selama kurang lebih tiga hingga empat bulan.

    Seluruh deliverables yang diberikan talent akan melewati supervisi internal Suarise terlebih dahulu. Supervisi ini dilakukan oleh tim kami yang memiliki pengalaman profesional di bidang digital marketing lebih dari 8 tahun.

    Selain itu, kami juga melakukan double checking dengan menggunakan tools untuk memastikan konten yang dibuat oleh para talent Suarise orisinal (kecuali yang sifatnya kutipan langsung).

  • Lamanya pengerjaan sangat tergantung beberapa hal:

    1. Jumlah deliverables yang klien minta
    2. Load/kapasitas talent yang tersedia
    3. Proses revisi

    Setiap proyek yang diberikan pada talent akan didampingi oleh Project Manager yang akan secara berkala menginformasikan dan mengkomunikasikan selama proses pengerjaan berlangsung.

    Durasi pengerjaan akan selalu didiskusikan dan berdasarkan persetujuan klien di awal proyek. Adapun jika ada perubahan, maka akan didiskusikan terlebih dahulu.

  • Rate card pembuatan konten digital di Suarise bervariasi, dimulai dari Rp150.000 (seratus lima puluh ribu rupiah). Untuk detail rate card atau kerja sama paket besar, silakan menghubungi langsung tim kami melalui menu contact.

    Adapun  bagi perusahaan yang belum tau harus berbuat apa untuk promosi bisnisnya melalui konten digital atau yang memiliki visi jangka panjang dalam promosi kanal digitalnya, kami menyarankan untuk mengambil jasa Content Strategy agar promosi bisa lebih terarah, maksimal, dan sesuai kebutuhan bisnis Anda.

  • Pembayaran dilakukan melalui Suarise. Tim kami akan menerbitkan invoice dan untuk beberapa tipe layanan bisa jadi ada pembayaran dengan skema termin.

  • Saat ini, belum semua topik bisa dikerjakan oleh talent Suarise dikarenakan preferensi dan kompetensi yang berbeda dari tiap talentnya. Adapun topik yang kami cover bisa dicek di talents.suarise.com .

    Selain topik, di halaman tersebut Anda juga bisa cek portfolio dari tiap talent dan hasil tulisan untuk klien-klien sebelumnya (jika ada).

  • Kapasitas talent Suarise saat ini baru untuk pembuatan konten Bahasa Indonesia. Namun tidak menutup kedepannya jika ada talent yang memiliki kompetensi bahasa asing (seperti Bahasa Inggris) yang baik.

    Jika memang dibutuhkan, kami bisa membantu menyediakan konten dalam Bahasa Inggris yang pengerjaannya bukan oleh talent VIP.

  • Ada tiga skema kerjasama yang bisa dilakukan untuk menjalin kerjasama dengan Suarise:

    1. Project Based
    2. Total Reqruitment

    Dalam satu proyek, bisa jadi melibatkan lebih dari satu talent. Hal ini tergantung ketersediaan, kebutuhan, dan tuntutan waktu pengerjaan.

    Keseluruhan proses dijalankan secara remote (online based) alias tidak ada pertemuan tatap muka. Korespondensi dilakukan baik melalui email, whatsapp dan videocall teleconference.

    Jika talent direkrut secara tetap selama kurun waktu tertentu oleh klien, maka kami selalu menyarankan 80% pekerjaan tetap dilakukan secara remote dan diskusi tatap muka hanya terbatas waktu tertentu saja.

  • Kami membuka seluas-luasnya wahana untuk berkolaborasi. Jika Anda tertarik menjadi partner Suarise, Anda bisa langsung menginformasikan melalui email di halaman contact.

    Tentunya ada kesepakatan-kesepakatan bersama yang harus didiskusikan jika ingin membuat hubungan partnership. Bisa jadi Anda partner strategis kami berikutnya, kenapa tidak? 😉

Untuk pertanyaan seputar pelatihan Digital Content Writing untuk para VIP (visually impaired people) atau tuna netra, silakan klik tombol berikut.